Peluang Bisnis Reseller dan Strategi Penjualannya

Bagaimana peluang bisnis reseller saat ini? Dan bagaimanakah strategi penjualannya agar untung maksimal?

Seiring dengan perkembang bisnis online, bisnis reseller pun kian dilirik. Kebanyakan orang yang mencoba bisnis reseller biasanya akan memasarkan dan menjual produknya kembali secara online, meski sebagian ada juga yang menjualnya secara offline.

Reseller merupakan salah satu metode penjualan bisnis dengan cara mempromosikan kembali barang yang dijual supplier. Bisnis reseller lebih baik dijalankan secara online guna menjaring lebih banyak konsumen.

Mungkin sebagian besar pembaca disini telah mengetahui cara kerja dari bisnis reseller dimana seorang reseller membeli barang langsung dari supplier namun dengan harga khusus reseller, lalu dipromosikan dan dijual kembali di pasar.

Jadi seorang dapat menjual dengan harga yang bersaing dipasaran, peluang reseller untuk mendapat keuntungan dari selisih harga jual dipasaran dengan harga khusus reseller.

Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Reseller

Peluang reseller di jaman digital ini sangatlah bagus, sebab sejak pandemi prospek bisnis online kian meningkat sejalan dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan gadget. Berikut ini merupakan strategi agar penjualan meningkat sekaligus memperluas jangkauan bisnis.

peluang reseller


1. Pilih produk yang tepat

Produk yang cocok untuk dijual kembali adalah yang telah banyak peminatnya. Sebab sebagai reseller kita tidak diwajibkan untuk branding produk, sebab biasanya telah dilakukan oleh brand itu sendiri. Selain itu pilih produk yang sesuai kesukaan kita, misalkan kamu menyukai bidang kecantikan, maka kamu bisa menjadi reseller kosmetik ataupun produk kecantikan lainnya.

Sebab apa yang kamu sukai dari bidang kecantikan tersebut tentu kamu telah mengetahui seluk beluknya sehingga tidak perlu lagi belajar dari nol. Dengan demikian kamu tak perlu buang banyak waktu untuk barang yang kamu jual tersebut. 

Dari sini juga kamu bisa menentukan identitas toko. Apakah kamu akan menjual produk skincare? Apakah akan menjual produk makeup? Atau bahkan keduanya. Dan kamu juga bisa lebih spesifik misal kamu memilih untuk menjual produk skincare apakah nantinya menjual skincare lokal atau internasional?

2. Tentukan target pasar

Poin penting dalam bisnis dibidang apapun adalah menentukan target pasar. Sebab target pasar inilah yang akan menjadi calon pembeli dari produk kalian. Jika target pasarnya tepat maka sudah tentu akan lebih mudah mendatangkan keuntungan. Semakin banyaknya konsumen yang datang membeli produk reseller akan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

3. Riset Tren saat ini

Mengetahui tren saat ini berguna untuk mencari tahu produk apa saja yang sedang digemari dan dicari oleh customer. Kalian bisa gunakan berbagai tools seperti google tren atau mengintip di marketplace online seperti shopee dan tokopedia. Lakukan secara berkala agar bisnis reseller kamu tetap berjalan dengan baik.

Selain itu kamu juga perlu untuk melihat atau mengecek kompetitor serta memantau perkembangan media sosial dari influencer agar mendapat inspirasi seputar tren terbaru.`

4. Gunakan media sosial sebagai media marketing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa saat ini pengguna gadget semakin banyak. Hal ini juga sebanding dengan pengguna sosial media yang juga masif. Hal ini menjadi peluang reseller untuk memanfaatkan media sosial sebagai media promosi produk yang akan kamu jual nantinya.

Jika menginginkan penjualan terus meningkat maka harus dipasarkan lebih luas, sehingga calon pembeli akan terus bertambah. Tapi perlu diingat karakteristik audiens setiap jenis media sosial tentu berbeda, sebagai contoh jika target pasar kamu adalah anak muda usia 19-30 tahun maka media sosial yang tepat adalah instagram. Maka dari itu gunakan instagram untuk berjualan.

Jika telah menggunakan media sosial instagram sebagai yang media marekting utama, maka media sosial lain pun tetap jangan lupa untuk digunakan juga namun hanya sebagai tambahan amunisi.

5. Fokus

Mungkin beberapa reseller ada yang menjalin kerjasama dengan beberapa supplier dalam satu waktu. Hal ini kurang disarankan, sebab bisa membuat kamu sebagai penjual reseller tidak fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis ini. 

Pilih supplier yang menyediakan produk yang lengkap, sehingga kamu lebih mudah dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis kamu. Selain itu, dengan memilih supplier yang lengkap kamu tak perlu bingung.

6. Berikan pelayanan maksimal



Pepatah “pembeli adalah raja” tentu tidak asing untuk didengar, hal ini lah yang mesti dilakukan oleh seorang reseller berkualitas dengan memberikan pelayanan maksimal kepada pembeli. Adapun pelayanan maksimal yang dimaksud adalah ramah dalam menjawab pertanyaan pembeli, cekatan, cepat dan tepat serta dapat segera menemukan solusi untuk setiap permasalan pelanggan.

Pilih supplier terpercaya untuk bisnis reseller

Seperti yang sudah disebutkan pada poin ke 5(Fokus), seorang reseller bisa bekerjasama dengan beberapa supplier namun bila tidak fokus dapat menyebabkan inkonsitensi seorang reseller. 

Namun jangan khawatir khusus untuk produk kecantikan aku ketemu solusinya jika kamu tertarik menjadi reseller produk kecantikan tapi tetap ingin fokus, kalian bisa menggunakan RAENA.

RAENA merupakan sebuah platform reseller dan dropshiper produk kecantikan terbesar di Indonesia. Bentuknya berupa website dan juga aplikasi mobile yang menyediakan lebih dari 2500 produk yang berasal dari 250+ brand terdiri dari brand lokal dan internasional.

Berikut ini merupakan brand terkenal yang tersedia di RAENA antara lain : L'OREAL, MAYBELLINE, SCARLETT, WARDAH, KAHF, SKINTIFIC dan masih banyak brand lokal maupun internasional lainnya.

RAENA


Beragam varian produk kecantikan tersedia di RAENA seperti skincare, bodycare, haircare, make-up dll. Inilah yang menjadi peluang reseller sebab harga untuk reseller terjangkau serta jaminan 100 persen produk asli.

Selain itu jika pendaftaran reseller di RAENA juga gratis tanpa biaya registrasi maupun biaya admin. Tersedia juga program gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Dengan bermodalkan handphone kamu sudah bisa membuka bisnis reseller. Sebab, RAENA tersedia sebagai aplikasi mobile baik di Android juga IOS. Yuk manfaatkan peluang reseller ini dan segera daftar/jadi reseller RAENA yah kak.


Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

47 komentar

  1. Menjadi reseller semakin banyak diminati orang ya, Mas. Ini karena tidak perlu menyediakan produk sendiri, jadi tinggal semangat jualan saja. Semakin bayak jualan, cuan semakin berlimpah hehehe.
  2. Menggunakan media sosial sebagai strategi marketing di jaman serba digital seperti sekarang memang sebuah langkah yg tepat. Setidaknya, kita bisa menawarkan bisnis atau usaha kita dengan jangkauan lebih luas ya
    1. Betul mbak. Terutama di daerah2 yang pelosok dan jauh kalau ke kota. Dengan adanya bisnis online seperti Raena, meski di pelosok jadi tetap bisa mengembangkan bisnis ya.
  3. mantap nih tips2nya. kalau jadi reseller Raena udah sangat membantu nih buat sukses
  4. Yap, reseller adalah cara biar bisa jualan tanpa modal yg terlalu besar. Apalagi kalau pembeli mau ikut bayar PO dulu, waaah bisa2 kita tanpa modal tuh, tinggal ambil untungnya aja. Tapi tetap kudu pilih website terpercaya biar bisa join jd reseller. Hmmm... rasanya saya jd tertarik gabung deh
  5. Waaah brand2 kecantikan yang ada di RAENA terkenal semua...pantas saja bisnis ini makin laris. Jadi pengen gabung disini menjadi dropshiper produk kosmetik yang dicari wanita untuk perawatan kulit wajahnya.
  6. Mesti fokussss, termasuk memilih supplier. Iya nih, aku udah ngerasain jadi dropshipper yang produknya nyecer di berbagai supplier. Berat ke konsumen karena nggak bisa beli produk yang berbeda (karena kena ongkir dobel).

    Boleh nih Raena. Instal ah, mau pelajari cara di sana.
  7. Rasanya kalau kita bisa menjual banyak produk memang memberikan kesan bahwa kita bakal dapat semakin banyak keuntungan. Hanya saja, kita jadi kehilangan fokus. Sehingga, saat promosi ya bisa jadi kita lakukan setengah-setengah.
    Hal ini nggak baik untuk perkembangan bisnis ke depan sih.
    RAENA emang platform paling cocok saat kita memutuskan buat jadi reseller produk kecantikan sih.
  8. Riset tren pasar ini harus sih memang, biar ketahuan nih apa aja yang dicari sama pangsa pasar. Dengan begitu kan pelanggan sendiri yang akan datang mencari
  9. Raena bagus konsepnya, cocok banget buat pemula yang sedang belajar berbisnis tanpa modal besar. (Gusti yeni)
  10. Bagus banget ini RAENA, bisa menjadi solusi bagi yang ingin merintis bisnis reseller. Karena RAENA memiliki produk berkualitas dan original
  11. Ooo rupanya bekerjasama dengan banyak supplier nggak selalu baik dalam berbisnis sebagai reseller ya. Iya juga sih ya. Lebih baik langsung bekerjasama dengan satu supplier saja yang bisa menyediakan prodyk secara lengkap.
  12. Kayaknya dari banyak platform e-commerce, RAENA ini bisa jadi pertimbangan baru baik buat seller atau buyer skincare sih ya. Produk lengkap, harga kompetitif dan banyak banget materi yang bermanfaat
  13. Target pasar harus diperhitungkan banget biar penjualan maksimal ya Kak. Udah beberapa kali baca ulasan tentang RAENA, jadi penasaran dan kepoin lebih lanjut.
  14. Mengetahui tren yang sedang berlangsung saat ini dan mencari platform reseller yang tepat emang penting banget buat memulai bisnis online. Apalagi yang tanpa modal.
  15. Thanks for the tips. Memang qt harus bisa pinter2 ambil peluang
  16. Cari supplier itu salah satu hal paling susah ketika memutuskan untuk berbisnis. Untungnya ada Raena ya, bisa jadi solusi untuk buka usaha..
  17. berjualan sekaragn gak usah stok barang ya, seperti raena ini, produknya banyak dan original lagi, jadi tertarik gabung nih :)
  18. Ga repot cari supplier kalo gini. Bisnis kecantikan bisa dimulai pake aplikasi RAENA.
  19. Saat ini semakin banyak kesempatan untuk berbisnis secara online. Hasilnya sangat menggiurkan, asalkan bisa menerapkan strategi-strategi di atas tersebut. Apalagi ada platform RAENA, bisnis online bakalan lebih optimal lagi nih
  20. Saat ini semakin banyak kesempatan untuk berbisnis secara online. Hasilnya sangat menggiurkan, asalkan bisa menerapkan strategi-strategi di atas tersebut. Apalagi ada platform RAENA, bisnis online bakalan lebih optimal lagi nih
  21. Bisnis online jadi slaah satu cara untuk menambah cuan ya kak, asal dipahami tekniknya dan dipraktekkan bakalan bisa berhasil. RAENA jadi salah satu pilihan jualan jadi reseller
  22. pilih produk yang diminati pasar emang wajib ya kak, biar laku pas dijual. Supplier terpercaya juga wajib deh jangan sampe kena tipu atau terkendala saat kita jadi reseller atau dropshipper. RAENA udh gede banget gini, terpercaya jalur bisnisnya ya
  23. Berarti kudu memilih dengan tepat ya supplier nya, sebisa mungkin yang memang satu visi sih, biar saat bekerjasama juga makin nyaman
  24. Riset pasar dan tren yang saat ini sedang hype, merupakan hal penting yg perlu dilakukan sebelum terjun jualan online. Kita mesti tahu, apa sih yg laku keras dan diburu para pelanggan.
  25. Fokus dna layanan menjadi kunci penting dalam bisnis. Jika tidakfokus binis akan hancur. Pun ketika layanan buruk bisnis tidak akan berkembang.

    Kalau pengen jual produk kecantikan bisa pilih RAENA ya, Kak
  26. Raena emang the best, jadi banyak perempuan yang terbantu lhoo berkat Raena, apalagi ini konsepnya bisa dikerjain dari rumah gituu tanpa modal lagiii! Wah udahlaah, cuzz gabung sama Raena biar banyak manfaatnya nih gawai wkwkwkw
  27. nggak terpikirkan banget ya bahwa bisa banget sekarang ini jualan tapi kita pegang barang, modal minim, dan skill jualan nggak ada, bisa dilakukan kalau kita mau mencobanya
  28. jual produk yang dibutuhkan masyarakat saat ini memang tips jitu untuk bisa jualan laris manis, RAENA jadi platform yg tepat untuk yg mau jadi beautypreneur yaa..
  29. Kalau mau sukses menjadi reseller tentu harus memperhatikan kiat kitanya agar sukses ya
    Kalau mau sukses jadi reseller kosmetik, ya pastinya bergabung bersama RAENA
  30. bener sih, meski keliatannya mudah jualan online juga butuh strategi dan ilmu ya biar cuannya makin cuan hihiii.. seneng nih ada RAENA yang ngedukung buat belajar jualan online :)
  31. riset pasar penting banget yaa, biar peluang bisnisnya juga makin besar dan minimalisir kerugian. Jaman sekarang make up dan skincare udh hype dan jadi kebutuhan sih ya, baik cewe maupun cewe, potensi cuan!
  32. Pemasaran memang kunci jualan online ya mas, meskipun akses mudah tapi tetap perlu ilmu bagaimana menyasar target kita ini
  33. Raena itu ngebantu banget loh untuk menjadikan kita sebagai reseller. Apk yg recomended
  34. Makasih kak informasi nya. Jadi reseller RAENA itu banyak keuntungannya ya, gak butuh modal banyak dan produk kosmetik dan skincare juga bagus2
  35. Menjadi seorang pembisnis harus tahu banyak hal tentang strategi, agar tidak ketinggalan dalam perkembangan bisnisnya
  36. Peluang besar begini gk boleh disia-siakan begitu saja ya kak. Semua ada dan pastinya sesuai tren dan kebutuhan
  37. Saya jadi kepincut nih sama RAENA
    Tidak perlu keluarin modal besar
    Selalu andalkan semua dari ponsel apalagi minimal budget sudah bisa memulai.
    .
  38. Kebetulan aku lagi cari usaha sampingan nih. Bisalah ya kalau gabung ke raena, siapa tahu ada pintu rejekiku di raena. Makasih infonya yak.
  39. makasih kak informasinya cocok banget peluang bisnis RAENA untuk ibu rumah tangga sperti saya karena bisa dimulai dengan modal yg terjangkau
  40. Kalau mau serius, jadi reseller itu cukup menguntungkan, gak ribet, tinggal promo barang yang kita jual. Kalau produk kecantikan, RAENA emang recommended ya. Produk pilihannya banyak dari berbagai merk
  41. aku punya pengalaman jadi reseller buku. alhamdulillah pernah merasakan keuntungan yang lumayan, cuma terakhir-terakhir emang stuck aja. dan jualan buku emang punya tantangannya sendiri.
  42. RAENA membuka peluang yang besar untuk para ibu rumah tangga mendapatkan penghasilan tambahan karena modalnya juga terjangkau trus barang dagangannya juga banyak pilihannya jadi pngen ikutan jualan produk kecantikan juga nih
  43. Jadi Reseller RAENA itu cukup menjanjikan karena modalnya kecil dan bisnis kecantikan peluang pasarnya cukup bagus
  44. Jadi reseller memang harus bisa melakukan riset pasar. Tanpa riset laku sih laku, tapi ketika menggunakan riset jadi tahu seberapa besar potensinya
  45. Menarik ya program reseller Raena, banyak brand yg tersedia di sana, dan juga potensial buat pebisnis pemula terlebih dengan layanannya yg memudahkan reseller
  46. riset pasar memang penting banget :D agar kita selalu relevan dengan customer
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko