Manfaat Kalender Masa Subur Untuk Mendapatkan Keturunan

dalam merencanakan kehamilan salah satu caranya adalah dengan melihat kalender masa subur, dan ber manfaat mendapatkan keturunan

Memiliki keturunan menjadi impian sebagian besar pasangan, termasuk Anda. Banyak cara yang dilakukan pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan yang sehat pada waktu yang tepat.

Nah, untuk meningkatkan peluang mendapatkan keturunan, Anda bisa melihat kalender masa subur Anda dengan mencatat dan melihat siklus menstruasi. Mengetahui masa subur bisa membantu ketika Anda dan pasangan saat sedang merencanakan kehamilan.

Dengan berkembangnya teknologi dan luasnya internet, sekarang, Anda bisa menghitung kalender masa subur melalui internet atau aplikasi-aplikasi kesehatan. Setelah menghitung masa subur Anda, Anda dan pasangan pun dapat melakukan konsultasi dokter online untuk mendiskusikan segala hal terkait program kehamilan Anda.

Lalu, apa sebenarnya kalender masa subur? Apa saja manfaatnya, dan apakah kalender masa subur itu akurat? Simak informasinya melalui artikel di bawah ini.

Cara Melihat Kalender Masa Subur

Untuk melihat kalender masa subur caranya cukup mudah. Anda hanya perlu pergi ke website-website yang menyediakan alat ini, seperti KlikDokter. Setelah itu, di website ini, Anda hanya perlu memasukkan beberapa hal dan melihat hasil dari kalkulator masa subur tersebut untuk membantu mendapatkan informasi yang Anda butuh.

Dengan tampilan website yang mudah dimengerti dan digunakan, KlikDokter bisa membantu Anda menghitung dan melihat kalender masa subur. Anda hanya perlu memasukkan nama dan tanggal siklus menstruasi selama 3 bulan terakhir. Masukkan tanggal awal dan tanggal akhir siklus menstruasi untuk mendapatkan hasil yang akurat. Setelah itu, klik “Cek Sekarang” untuk mendapatkan hasil.

Setelah Anda mendapatkan hasil perhitungan dan dilihatkan kalender masa subur Anda, pada laman hasil tersebut juga akan berisi beberapa informasi terkait, berupa tanggal kesuburan, tanggal menstruasi bulan selanjutnya, tanggal dimana Anda memiliki kemungkinan untuk mendapatkan keturunan perempuan atau laki-laki, tips untuk mendapatkan anak dengan gender tertentu, evaluasi hasil kesuburan, dan beberapa saran atau solusi.

Hasil-hasil yang ditunjukkan laman KlikDokter ini sangat lengkap dan bermanfaat, bukan? Anda dapat mendiskusikan hasil tes ini dengan pasangan Anda untuk merencanakan langkah kedepannya.

Tanda-Tanda Masa Subur Wanita

Saat masa subur, wanita akan mengalami beberapa ciri berikut:

  • Merasa lebih bergairah
  • Suhu basal atau suhu terendah tubuh pada pagi hari akan meningkat
  • Nyeri pada bagian perut atau pinggang
  • Payudara terasa nyeri
  • Perubahan pada siklus keputihan

Pada saat Anda mengalami masa subur dan ovulasi, umumnya Anda akan mengalami keputihan. Cairan lendir ini bisa membantu melancarkan masuknya sperma ke dalam sel telur. Sehingga, peluang Anda untuk hamil dan memiliki keturunan akan meningkat.

Manfaat Melihat Kalender Masa Subur

kalender masa subur


Kalender masa subur tidak hanya dapat digunakan untuk merencanakan kehamilan. Beberapa manfaat mengetahui kalender masa subur wanita, adalah:

Menghitung masa subur memiliki beberapa manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Merencanakan Program Kehamilan

Manfaat utama melihat kalender masa subur wanita adalah untuk memperkirakan masa subur untuk Anda yang sedang mengharapkan kehadiran sang buah hati. Mengetahui masa subur ini dapat membuat Anda dan pasangan mengetahui kapan harus berhubungan seksual agar sperma dapat membuahi sel telur dengan lebih maksimal.

2. Mendeteksi adanya masalah reproduksi

Menghitung masa subur juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah ada masalah reproduksi yang biasanya terjadi yang bisa menghambat kehamilan, seperti mandul. Saat Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual pada masa subur dengan intensitas yang cukup tinggi tetapi tidak kunjung hamil, berarti ada indikasi dari kemandulan. 

Kemandulan ini bisa saja terjadi pada wanita maupun laki-laki. Kemandulan ini sendiri terjadi akibat sperma dan sel telur tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jika ada indikasi seperti ini, sebaiknya langsung periksakan diri Anda dan pasangan ke dokter. 

3. Sebagai KB alami

Anda tidak mau menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, kondom, atau IUD? Berarti Anda harus menghitung masa subur Anda!


Perhitungan masa subur ini dapat membuat Anda dan pasangan mengetahui kapan Anda harus berhubungan intim tanpa perlu khawatir akan terjadi proses pembuahan. Cara ini memang cenderung lebih sehat, namun sebagai gantinya, Anda tidak bisa leluasa berhubungan intim dengan pasangan dalam beberapa hari. 

Tips Mendapatkan Keturunan

Selain melihat kalender masa subur, beberapa tips untuk memudahkan Anda dalam merencanakan kehamilan dan mendapatkan keturunan, yaitu:

  • Melakukan hubungan seksual secara teratur. Anda bisa melakukannya selama 2-3 kali dalam seminggu, terlebih pada masa subur wanita
  • Jalani pola hidup sehat
  • Konsumsi makanan dan suplemen yang mengandung asam folat
  • Berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, meminum obat terlarang dan alkohol, dan sebagainya
  • Melakukan cek kesehatan cek kesehatan secara rutin, baik istri maupun suami

Nah, jika Anda mengikuti tips-tips di atas ini dan melakukan hubungan seksual pada masa subur Anda, maka kemungkinan untuk mendapatkan keturunan akan meningkat. Melihat kalender masa subur Anda menggunakan kalkulator masa subur dari KlikDokter dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan keturunan. 

Anda bisa mencatat siklus menstruasi atau bisa menggunakan kalkulator masa subur untuk mempermudah perhitungan.  Selain dengan mencatatnya, Anda juga bisa menggunakan alat tes masa subur yang banyak dijual bebas di apotik terdekat. 

Selain itu, konsultasikan ke dokter kandungan apabila Anda dan pasangan memang ingin merencanakan kehamilan. Dengan konsultasi ke dokter, Anda bisa menanyakan berbagai hal terkait kehamilan termasuk jika Anda menginginkan jenis kelamin tertentu. Hal tersebut tentunya sangat dianjurkan, mengingat dokter kandungan pastinya sudah memiliki banyak pengalaman dalam membantu pasangan mendapatkan keturunan.


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko