Mengelilingi Kota Pontianak dalam ajang Pontianak City Run 2020




Berlari merupakan kebiasaan dan gaya hidup yang baik lagi sehat, apalagi di kota olahraga lari merupakan salah satu olahraga favorit yang mudah untuk dilakukan bahkan dimana saja. Jika dibandingkan dengan jenis olahraga lain, lari merupakan olahraga tertua didunia bahkan jaman manusia kuno lari sudah dikenal (sudah terbayangkan hehehe). Bila dilakukan dengan cara yang tepat lari bisa dianggap sebagai salah satu bentuk terapi. Hal ini juga saya alami saat patah hati kemudian saya berlari dan benar ini bisa jadi terapi bagi yang sedang patah hati (pengalaman pribadi).

dok. foto.lari.id : foto lari terkece saat ini yang saya punya hehe





Bagi yang mulai gemar berlari pastikan jangan sampai ketinggalan jikalau ada event lari. Karena biasanya event lari kadang menyediakan hadiah medali finisher. Nah baru-baru ini tepatnya tanggal 02-02-2020 saya telah selesai melaksanakan race di pontianak city run 2020 half marathon di kategori 5K open, dan alhamdulillah saya berhasil menyelesaikannya dengan baik,walaupun masih jauh dari podium, hehehe. ini merupakan event half marathon pertama yang di selenggarakan di pontianak dimana pesertanya tidak hanya dari warga lokal namun ada juga yang berasal dari warga asing seperti Kenya, Pantai Gading, Malaysia dan beberapa negara lainnya. Bagi saya pribadi event lari ini merupakan event lari ketiga yang baru saya ikuti, sebelumnya saya mengikuti Fun Run BCA Fair 2019 di Kuburaya pada tanggal 10-11-2019, dan Fun Run Indomaret 2019 di Alun-alun Kapuas Pontianak. Hal ini lah yang membuat saya cinta pontianak karena selalu ada event lari, semoga kota/kabupaten lain di kalimantan barat bisa mengikuti jejak positif dari Kota berjuluk Khatulistiwa ini.




Pontianak City Run 2020 atau biasa disingkat PCR 2020 ini merupakan yang kedua kalinya dimana ditahun sebelumnya juga pernah diselenggarakan pontianak city run ini namun belum ada kategori Half Marathon. Ditahun sebelumnya yakni tahun 2019 PCR membuka 4 (empat) kategori yakni 1K Kids, 5K Indonesia Only, 10K Indonesia Only, 10K International. Ditahun ini PCR 2020 membuka 4 (empat) kategori yaitu 1K kids, 5K Student, 5K Open dan 21K (Half Marathon) Open.


Garis start / finish Pontianak city run 2020

Harga Tiket

Pendaftaran untuk event PCR 2020 ini sudah dibuka secara online beberapa bulan sebelumnya dimana harga tiket earlybird lebih murah yaitu dengan selisih Rp50.000,- (lima puluh ribu rupiah) dibanding tiket 1 (satu) bulan sebelum acara. Berikut harga tiket menjelang acara.


Program Acara

Acara dibuka oleh MC Race pada jam 04.25 , Seluruh peserta maupun panitia penyelenggara beserta tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia raya pada jam 04.30, Kemudian Doa bersama pada jam 04.35, lalu sambutan dari walikota pontianak dan sambutan dari gubernur kalimantan barat. Pada jam 05.00 Flag off untuk kategori 21K Half Marathon, kemudian pada jam 05.30 Flag off untuk kategori 5k Open dan 5K Student, jam 6.20 pembukaan oleh MC Entertainment dilanjutkan dengan Performance dari Band “Before Midnight”. Kemudian flag off untuk kategori 1K Kids pada jam 7.30. Zumba dance performance, pada jam 8.30 pengumuman juara 1,2,3 dan pembagian hadiah dan plakat master untuk semua kategori,berikut merupakan nominal hadiah yang diterima juara 1,2 dan 3. Lalu sosialisasi dari yamaha serta pengundian hadiah grand prize 1 unit sepeda motor yamaha fino. Ditutup dengan dj performance oleh DJ Panda.


Snack

Untuk event PCR 2020 ini bisa saya acungi jempol, karena snack yang disediakan banyak dan sangat membantu untuk recovery setelah berlari. 

suasana saat mengantri snack dan medali, sesaat setelah finis
Stand untuk antrian snack dan medali
Snack dan medal PCR 2020
nb : (snack yang tertutup Hydro coco itu adalah Fitbar)

Tenaga Medis


Terlihat peserta lari yang cedera sedang dirawat oleh tenaga medis




Rute Berlari

Kategori 1K

Para peserta kategori 1K Kids (girl) sedang bersiap menunggu flag off di garis start
Berikut rute lari untuk kategori lari 1K Kids


Kategori 5K

pukul 05.25 WIB : ekspresi baru datang (telat), peserta sudah bersiap di garis start menunggu flag off 5K
pukul 05.30 WIB : sebentar lagi flag off 5K (ontime)
Berikut rute lari untuk kategori lari 5K open dan 5K Student


Kategori 21K

Nah di rute 21K half marathon inilah peserta bisa mengelilingi kota pontianak dengan berlari. Dimana para peserta  melewati beberapa lokasi yakni, Taman Digulis atau Bundara Digulis, POLDA KALBAR, Kantor Gubernur Kalbar, Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Pontianak, Megamal, Rumah Radakng, Rumah Melayu, Pontianak Convention Center, dan kembali ke Alun-alun kapuas. Di mulai dari Jalan Tanjung Pura kemudian melewati Jalan daya Nasional lalu melewati Jalan Ahmad yani sampai Polda Kalbar lalu memutar dilanjutkan melewati area kampus Universitas Tanjungpura, lalu menuju daerah Kota Baru yakni sampai bundaran Kota Baru, untuk lebih jelasnya bisa dilihat digambar berikut,






Diikuti oleh turis mancanegara

turis asing juara pcr 2020
(kiri) dua pelari berasal dari negara kenya dan berhasil mejuarai kategori 21K Half Marathon,
(kanan) pelari lokal yang berhasil menjuarai kategori 5K Open,

pcr 2020
pelari 21K yang merupakan turis mancanegara / warga negara asing

pcr 2020
pelari 21K yang merupakan turis mancanegara / warga negara asing
Disamping saya ada bule yang fasih berbahasa indonesia yang sedang berbicara bersama temannya.
Bule ini mungkin seorang voluntir karena di topinya bertuliskan save orang utan.




Berikut sedikit video pendek saat saya sedang duduk didekat bule tersebut



Nah dikarenakan banyak turis yang berkunjung saat ajang lari ini, tentu salah satu hal yang diperhatikan turis saat mengunjungi suatu tempat adalah lokasi penginapannya. Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan saat ingin memesan penginapan, pertama murah, lokasi yang strategis, kamar yang nyaman. Oleh karena itu saya ingin merekomendasikan salah satu Hotel Murah di Pontianak yaitu OYO 1484 Sentosa Guest House, alasan saya merekomendasikan ini karena lokasinya strategis, berada dekat dengan Alun-alun Kapuas, dan kenapa OYO Hotel? karena OYO merupakan salah satu penyedia layanan boking hotel dengan harga yang murah. Saya sendiri ingin merasakan menginap di hotel yang murah namun tetap nyaman. Salah satu kota yang ingin saya kunjungi lagi yaitu Jogja.








Berikut saya lampirkan peta lokasi dari OYO Hotels Indonesia yang saya maksud tersebut





Jika ingin menginap di OYO Hotels lainnya di pontianak berikut saya lampirkan peta lokasinya

Bukti Screenshoot Follow Instagram dan Twitter OYO Indonesia


oyo indonesia
instagram : @oyo.indonesia
oyo indonesia
twitter : @oyoindonesia
Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba Love OYO Hotels Blog Competitions

Love OYO Hotels Blog Competitions

Share:

4 comments:

  1. Saya juga kemarin ikutan acara ini, seru banget apalagi bersamaan dengan event Festival Buah Buahan Lokal Kalimantan Barat. Pontianak City Run memang menjadi event tahunan, so tahun depan pasti lebih meriah lagi. Wah mas nya nginep di OYO ya, rekomended sih murah pula dan banyak promo!

    ReplyDelete
  2. Wah makasih sudah berkunjung mba Siti :)

    ReplyDelete
  3. wii seru banget bang bisa belari dengan jarak tempuh 5K atau 5 kilometer saya aja telat datagnnya haha.. semoga tahun depan tetap ada teruss

    ReplyDelete

  4. Wqaaaaaaaaaaaaaa nnberasa ketinggapan info neh. Huaaa pengen ah kalau ada even RUN seperti ini, Insya Allah saya mau ikut Happy nya dapat. Sehatnya dapat Ya siapa tau DORPRESSS nya dapat hihihihihihihihihihi

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung, tinggalkan saran dan komentarnya

For More Info (Just Click)

Popular Posts

Hi I'm Eko

Hi I'm Eko
My name is Wahyu Eko Cahyanto, I'm a running enthusiast, Whatsapp : 0896 0186 2879, email : weko333@gmail.com

Recent Posts